June 15, 2009

Cerita Pendek ( CERPEN) Vol 14


Raja yang sombong

Dahulu kala ada seorang raja terkenal sombong.’lihatlah wahai rakyatku. seluruh wilayah ini termasuk semua yang ada didalamnya tunduk kepadaku,semua patuh kepadaku. demikianlah titah raja itu kepada para pengikutnya.

Pada suatu hari ia ingin bertamasya ke pantai. Ia perintahkan kepada pasukannya membawa perbekalan yang lengkap dan kenderaan yang indah dilengkapi dengan pengawalnya-pengawalnya .

Sesampainya di tepi pantai, ia duduk di kursi malas sambil merentangkan kakinya .dia memanggil istri-istrinya agar berada dekatnya,segala santapan yang lezat telah tersedia di meja.Para pengiringnya menyaksikan sang raja bersenda gurau serta menikmati aneka makanan .
Tiba-tiba gelombang laut yang keras memukul pantai ,sehingga sang raja yang tengah asyik terlempar berantakan . Dia terhempas jauh .

Sejak saat sang raja berubah,dia tidak lagi berlaku semena-mena terhadap rakyat,ternyata tidak semua yang ada di wilayahnya harus tunduk kepadanya .



Ulet

Tohir adalah seorang murid SMP, dia terpaksa masuk ke SMP Swasta karena nilai NEM nya rendah . Disekolah itu dia sering mendapat hukuman dari guru karena lambat menerima pelajaran .

Pada suatu hari dia cabut dari sekolah . Dia pergi mengasingkang diri berjalan kearah sungai ,akhirnya dia sampai kesebuah mata air dan disanalah dia duduk melepaskan lelah dan dahaganya. Dia berkata dalam hati bahwa tidah ada gunanya lagi baginya meneruskan pelajaran,karena dia kurang mampu . Ketika dia menoleh kearah batu yang ada didepannya,dia melihat arah air yang mengalir kebawah batu ,sehingga batu itu terlihat cekung . Dia belajar mengapa air yang selambat itu membuat batu keras jadi berlubang . Dia sangat terkesan dan kembali berkata kepada dirinya ‘jika aku belajar tekun,aku juga akan bisa berhasil’. Akhirnya dia kembali menekuni pelajarannya,dan banyak berlatih,akhirnya dia dapat mengungguli teman-temannya .

No comments:

Post a Comment