July 10, 2009

Cerita Pendek ( CERPEN) Vol 36

Berani Bertanggungjawab

Pada suatu hari Teddy bermain bola di jalan bersama beberapa orang temannya. Mereka menggunakan jalan itu sebagai lapangan bola. Di kiri kanan jalan itu terdapat rumah penduduk, took-toko dan kios-kios. Tedi dan kawan-kawannya menyerang kearah oposisinya, tetapi satu tendangan keras mengenai kaca jendela took. Kawan-kawan Teddy takut dan hendak berlari, tetapi Teddy berkata:”jangan lari! Kita harus bertanggungjawab”.

Teddy melaporkan peristiwa itu kepada pemilik toko, Teddy bersedia mengganti kerusakan tersebut, tetapi ia tidak punya uang. Pemilik toko itu marah dan berkata:” kamu harus bekerja selama satu bulan di toko saya sebagai gantinya.”Baik pak,” kata Teddy. Akhirnya ia pulang dan melaporkan kejadian tersebut kepada orang tuanya.

Setelah bekerja selama satu bulan, pemilik toko itu kembali bertanya.” Kamu anak siapa?” saya anak seorang tukang perabot, ibuku seorang pembantu rumah tangga”, katanya. “ Karena kejujuran dan keberanianmu, kamu saya jadikan pekerja tetap di toko ini.” Cobalah beritahu kepada orang tuamu, bagaimana? Baik pak”, kata Teddy.

Teddy menjelaskan kepada ibu dan ayahnya bahwa ia telah menjadi pekerja tetap di toko itu, dan mereka merestuinya.

Blog Advertising

No comments:

Post a Comment