June 29, 2009

Cerita Pendek ( CERPEN) Vol 28

Seratus Persen Rahasia

Di zaman dahulu, sering terjadi perselisihan suatu kerajaan dengan kerajaan yang lain untuk memperebutkan suatu wilayah. Namun, tidak selamanya untuk maksud tersebut, harus dengan adu kekuatan fisik. Bisa saja untuk kepentingan itu ditempuh dengan mengadakan perlombaan jenis perlombaannya tergantung kepada kesepakatan bersama. Ada kalanya berbentuk pencak silat dan berdiplomasi.

Kebetulan pada suatu hari, Raja Namora dengan Raja Napogos berselisih paham tentang batas-batas wilayah masing-masing. Raja Namora, yang walaupun daerah kekuasaannya sudah luas, tetap saja masih bernafsu untuk merebut wilayah Raja Napogos.

Terjadilah polemik diantara kedua raja, dan untuk kali ini, masing-masing raja mengutus ajudan mengadakan temu wicara di tempat tertentu yang telah di sepakati kedua belah pihak.

Ajudan dari Raja Namora mulai angkat bicara:” begini saudara.” Kata ajudan Raja Namora saya adalah orang terdekat dengan raja, demikian juga saudara-saudara.” Kalau boleh tahu, dimanakah raja itu beristirahat di waktu malam?” tanyanya dengan rayuan, “ sebentar” kata ajudan Raja Napogos. Seolah-olah ia ingin menjelaskan hal itu. “ begini saudara.” Sebelum saya menjawab pertanyaan saudara, apakah saudara bisa menjaga rahasia?” katanya,” saya akan bersumpah untuk menjaga rahasia kita berdua sampai kapan pun.” Jawabnya. “Nah, kalau begitu, sebaiknya saudara pulang saja,” katanya. “ mengapa demikian, ajudan?” Tanya ajudan Raja Namora.” Karena ternyata saya pun demikian juga.” Balasnya.

Karena ajudan Raja Napogos berhasil mengunci pertanyaan dari Raja Namora, maka diplomasi dinyatakan dimenangkan oleh Raja Napogos, wilayah yang di perselisihkan pun jatuh ketangan Raja Napogos.
Blog Advertising

7 comments:

  1. Itulah gunanya punya diplomat ya! Andai negara kita pny diplomat2 andal, mungkin negara tetangga tidak akan semena2 mencaplok budaya dan wilayah kita ya...

    Salam kenal yah..

    ReplyDelete
  2. wah, udah volume 28. ckk..ckk..tinggal bikin novel aja.

    ReplyDelete
  3. nice story :D
    salam kenal juga

    ReplyDelete
  4. diplomasi cerdas dalam balutan cerita yang mengandung nilai2 bijak

    ReplyDelete