June 24, 2009

Cerita Pendek ( CERPEN) Vol 23

Kelinci Yang Cerdik


Di dalam suatu hutan pegunungan, hidup seekor singa beringas . Binatang-binatang dihutan itu sudah hampir punah karena keberingasannya . Untuk menjaga kelestarian binatang dihutan itu , mereka membuat suatu usul kepada singa beringas itu , agar tidak membunuh binatang-binatang sekaligus , tetapi secara bertahap . Usul mereka diterima oleh singa beringas itu .

Secara sukarela satu demi satu binatang itu mengorbankan kelinci . Kelinci-kelinci rela untuk dikorbankan terlebih dahulu sebelum kelompok laiinya mendapat giliran .

Pada suatu hari , disaat singa beringas itu merasa sangat lapar , kelinci itu datang terlambat . Singa beringas itu bertanya :’ mengapa kedatanganmu terlambat? ‘ ,’maaf, tuan ,saya bukan sengaja terlambat datang , saya bertemu seekor singa ditengah jalan dan dia menahanku .’ Mendengar ucapan kelinci ini , singa beringas itu tersinggung dan bertanya : ‘ apa benar ada singa yang lebih berkuasa dari ku? ,coba tunjukkan padaku ,’ kata singa beringas itu . Dengan serta merta kelinci itu menunjukkan sebuah sumur yang airnya jernih . ‘itulah tuan singa yang menahanku tadi ,’ kata kelinci . Tanpa berfikir panjang , singa beringas itu terjun kedalam nya dan dia tenggelam kemudian mati….


Blog Advertising

No comments:

Post a Comment